Lugano adalah kota terbesar di kanton Ticino, Swiss, yang terletak di tepi Danau Lugano. Kota ini memiliki banyak daya tarik, mulai dari alam, arsitektur, hingga budaya yang menarik. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi saat berada di Lugano adalah Lugano Arte e Cultura (LAC), sebuah pusat kebudayaan multifungsi yang didedikasikan untuk seni musik, seni visual, dan seni pertunjukan.

LAC adalah salah satu institusi kebudayaan terpenting di Swiss, yang bertujuan untuk mempromosikan berbagai jenis seni dan menjadikan Lugano sebagai persimpangan kebudayaan antara Eropa utara dan selatan. LAC adalah jantung dari sebuah jaringan kebudayaan yang meluas di luar batas kota, yang melibatkan museum, orkestra, seniman, asosiasi kebudayaan, perpustakaan, lembaga pendidikan, galeri seni, dan kolektor, yang berusaha untuk membangun sebuah proyek bersama.

Sejarah LAC

LAC diresmikan pada 12 September 2015. Direktur LAC adalah Michel Gagnon, yang sebelumnya adalah direktur artistik Place des Arts di Montreal, KanadaLAC dibangun di tempat bekas Palazzo Reali, sebuah bangunan bersejarah yang pernah menjadi markas Komite Olimpiade Internasional dari tahun 1922 hingga 1967Di sini juga pernah berkunjung Voltaire, seorang filsuf dan penulis Prancis yang terkenal, yang juga pernah mengadakan beberapa pertunjukan teater di sini.

Arsitektur LAC

LAC dibangun oleh arsitek Ivano Gianola, seorang perwakilan dari Sekolah Arsitektur Ticino. Bangunan ini memiliki volume total 180.000 m 3 dan menyambut pengunjung di sebuah aula masuk dengan luas 650 m 3 yang memiliki jendela-jendela besar, yang bertujuan untuk menghapus batas antara dalam dan luar. Pusat kebudayaan ini mendefinisikan Piazza Bernardino Luini, yang menghadap ke danau Lugano. Teater dan auditorium konser dengan luas 800 m 2 dapat menampung 1000 orangMuseum ini menyebar di tiga lantai pameran dengan luas total 2500 m 2.

Pameran Seni LAC

LAC menaungi Museo d’Arte della Svizzera Italiana (MASI), sebuah museum seni yang menampilkan karya-karya dari abad ke-15 hingga kontemporer, dengan fokus khusus pada wilayah Ticino. Satu lantai menampilkan koleksi tetap dari museum, sementara dua lantai lainnya menyelenggarakan pameran sementara7. Sejak pembukaannya, MASI telah mengorganisir pameran-pameran dari Anthony McCall, Albert Oehlen, Nicolas Party, dan James Barnor. Sejak tahun 2018, direktur MASI adalah Tobia Bezzola.

Tips dan Kesimpulan

Sebelum Anda mengunjungi LAC, ada beberapa tips yang dapat Anda perhatikan, seperti:

  • Membuat reservasi terlebih dahulu, karena LAC sering mengadakan acara-acara yang menarik, seperti LuganoInScena dan LuganoMusica, yang menampilkan pertunjukan-pertunjukan dari berbagai genre dan negara. Anda dapat memesan tiket melalui situs web resmi LAC, atau melalui agen-agen penjualan tiket online.
  • Memilih waktu kunjungan yang tepat, karena LAC memiliki jam buka yang berbeda-beda untuk setiap bagian. Aula masuk buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 18.00, kecuali Kamis hingga pukul 20.00. Museum buka setiap hari kecuali Senin, dari pukul 10.00 hingga 18.00, kecuali Kamis hingga pukul 20.00. Teater dan auditorium konser buka sesuai dengan jadwal acara yang dapat Anda lihat di situs web LAC.
  • Menjelajahi area sekitar LAC, karena LAC memiliki lokasi yang strategis, yang dekat dengan berbagai tempat menarik lainnya di Lugano, seperti Parco Ciani, Katedral Lugano, dan Monte San Salvatore. Anda dapat berjalan kaki, naik bus, atau naik kereta untuk mengunjungi tempat-tempat ini.

LAC adalah pusat kebudayaan multifungsi yang menawarkan pengalaman seni yang beragam dan berkualitas di kota Lugano. LAC memiliki bangunan yang megah, museum yang informatif, dan teater yang spektakuler. LAC cocok untuk Anda yang ingin menikmati keindahan dan kebudayaan Lugano, serta mengikuti perkembangan seni kontemporer. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi LAC, Anda dapat mengunjungi situs web resmi LAC untuk informasi lebih lanjut