Linnaeushof merupakan sebuah taman bermain yang terletak di Rijksstraatweg , Bennebroek, Belanda. Ini adalah taman bermain terbesar di Eropa, dengan lebih dari 350 tempat bermain dan atraksi untuk anak-anak segala usia. Ini adalah tempat yang bagus untuk bersenang-senang, berolahraga, dan belajar dalam lingkungan yang aman dan ramah. Linnaeushof menawarkan berbagai aktivitas dan atraksi, seperti permainan air, permainan dalam ruangan, permainan petualangan, permainan olah raga, dan permainan edukasi.

Sejarah Linnaeushof

Linnaeushof didirikan pada tahun 1963 oleh Piet Derksen, mantan guru dan pengusaha. Ia membeli sebidang tanah yang dulunya merupakan ladang umbi bunga dan mengubahnya menjadi taman bermain anak-anak. Dia menamakannya Linnaeushof, diambil dari nama ahli botani Swedia terkenal Carl Linnaeus, yang mengunjungi daerah tersebut pada tahun 1736.

Pada awalnya, Linnaeushof hanyalah sebuah taman bermain sederhana dengan ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, dan kotak pasir. Secara bertahap, Derksen menambahkan lebih banyak struktur permainan dan atraksi, seperti trampolin, go-kart, mini-golf, dan kereta api. Ia juga membangun area bermain air besar yang disebut Oase (Oasis), yang dilengkapi dengan air mancur, seluncuran air, meriam air, dan kapal bajak laut.

\Pada tahun 1987, Derksen menjual Linnaeushof kepada menantu laki-lakinya Jan Langeslag, yang terus memperluas dan memperbaiki taman bermain tersebut. Dia menambahkan lebih banyak area bermain dalam ruangan, seperti Bennie Broek’s Fun House dan Monkey Town. Ia juga menambahkan lebih banyak area bermain petualangan, seperti Cable Car dan Climbing Wall2. Beliau juga merenovasi struktur permainan dan atraksi yang ada agar lebih modern dan menarik.

Saat ini, Linnaeushof masih dimiliki dan dikelola oleh keluarga Langeslag. Tempat ini menarik lebih dari 300.000 pengunjung setiap tahunnya dari Belanda dan luar negeri. Taman ini diakui sebagai salah satu taman bermain terbaik di Eropa dan telah memenangkan beberapa penghargaan atas kualitas dan inovasinya.

Kegiatan dan Atraksi di Linnaeushof

Linnaeushof menawarkan berbagai kegiatan dan atraksi untuk anak-anak dari segala usia. Beberapa yang utama adalah:

Permainan Air:

Ini adalah salah satu area paling populer di Linnaeushof. Terdiri dari Oase (Oasis), area bermain air besar dengan air mancur, seluncuran air, meriam air, dan kapal bajak laut; Waterfietsen (Sepeda Air), dimana anak-anak dapat mengayuh perahu di kolam; Waterpretweide (Water Fun Meadow), dimana anak-anak dapat bermain air di atas alat penyiram dan alas air; dan Waterspeeltuin (Water Playground), dimana anak-anak dapat bermain dengan pompa air, ember, selang, dan jembatan.

Bermain Dalam Ruangan:

Ini adalah area populer lainnya di Linnaeushof. Terdiri dari Bennie Broek's Fun House, area bermain dalam ruangan dengan perosotan, terowongan, lubang bola, jaring panjat, dan permainan interaktif; Monkey Town, area bermain dalam ruangan dengan trampolin, istana goyang, bingkai panjat, dan permainan lembut; Speelkasteel (Play Castle), area bermain dalam ruangan dengan perosotan, ayunan, tangga, dan tali; Pioniersdorp (Desa Perintis), area bermain dalam ruangan dengan rumah kayu, gerobak, tong, dan peralatan; dan Kindertheater (Teater Anak), dimana anak-anak dapat menonton pertunjukan boneka atau tampil di panggung.

Adventure Play:

Ini adalah area untuk anak-anak yang lebih besar yang menyukai lebih banyak tantangan dan kegembiraan. Terdiri dari Kabelbaan (Kereta Gantung), dimana anak-anak dapat meluncur dengan kabel di atas kolam; Klimwand (Climbing Wall), dimana anak-anak dapat memanjat dinding dengan menggunakan pegangan dan tali; Torenklimmen (Menara Memanjat), dimana anak-anak dapat memanjat menara yang dilengkapi tangga dan jaring; Loopingschommel (Looping Swing), dimana anak-anak dapat berayun terbalik di ayunan raksasa; Skelterbaan (Go-Kart Track), dimana anak-anak dapat berlomba dengan go-kart di lintasan; Super Glijbaan (Super Slide), dimana anak-anak dapat meluncur ke bawah pada perosotan yang panjang; Zweefmolen (Flying Carousel), di mana anak-anak dapat terbang di kursi yang diikat dengan rantai; Draaimolen (Merry-Go-Round), di mana anak-anak dapat menunggang kuda atau mobil di komidi putar; Miniscooters (Mini Scooters), dimana anak-anak dapat mengendarai skuter listrik; Minicars (Mini Cars), dimana anak-anak dapat mengendarai mobil listrik; Minibootjes (Perahu Mini), dimana anak-anak dapat mengemudikan perahu listrik; dan Minitrein (Kereta Mini), dimana anak-anak bisa naik kereta.

Permainan Olahraga:

Ini adalah area untuk anak-anak yang lebih menyukai aktivitas fisik dan kompetitif. Terdiri dari Voetbalveld (Lapangan Sepak Bola), di mana anak-anak dapat bermain sepak bola di lapangan rumput; Basketballbalveld (Lapangan Bola Basket), dimana anak-anak dapat bermain basket di lapangan beton; Tafeltennis (Tenis Meja), dimana anak-anak dapat bermain tenis meja di atas meja; MidgetGolf (Mini-Golf), dimana anak-anak dapat bermain mini-golf di lapangan; Trampolin, dimana anak-anak dapat melompati trampolin; Schommels (Ayunan), dimana anak-anak dapat berayun di ayunan; Wippen (Jungkat-jungkit), dimana anak-anak dapat menyeimbangkan diri di atas jungkat-jungkit; dan Springkussens (Bouncy Castles), di mana anak-anak dapat melompat-lompat di atas goyang kastil.

Permainan Edukatif:

Ini adalah area untuk anak-anak yang lebih menyukai pembelajaran dan aktivitas kreatif. Terdiri dari Verkeerstuin (Taman Lalu Lintas), di mana anak-anak dapat belajar tentang peraturan lalu lintas dan rambu-rambu pada sepeda dan mobil; Speelhaven (Play Harbour), dimana anak-anak dapat belajar tentang kapal dan berlayar dengan perahu dan

Permainan Edukasi: Ini adalah area untuk anak-anak yang lebih menyukai pembelajaran dan aktivitas kreatif. Terdiri dari Verkeerstuin (Taman Lalu Lintas), di mana anak-anak dapat belajar tentang peraturan lalu lintas dan rambu-rambu pada sepeda dan mobil; Speelhaven (Play Harbour), di mana anak-anak dapat belajar tentang kapal dan berlayar di perahu dan dermaga; Speeltuinbouwplaats (Tempat Bermain Konstruksi), di mana anak-anak dapat belajar tentang konstruksi dan teknik derek dan truk; Speelboerderij (Play Farm), dimana anak-anak dapat belajar tentang peternakan dan hewan di lumbung dan kandang; Speelnatuur (Bermain Alam), dimana anak-anak dapat belajar tentang alam dan ekologi tumbuhan dan hewan; Speelkunst (Play Art), dimana anak-anak dapat belajar tentang seni dan budaya melalui patung dan lukisan; dan Speelwijsheid (Bermain Kebijaksanaan), dimana anak-anak dapat belajar tentang sejarah dan filsafat melalui buku dan puzzle.

Akses ke Linnaeushof


Linnaeushof mudah diakses dari berbagai titik di Belanda. Bagi pengunjung yang datang dengan kereta api, stasiun terdekat adalah Heemstede-Aerdenhout yang berjarak sekitar 3 km dari taman bermain. Dari stasiun, pengunjung dapat naik bus nomor 50 atau 90 dan turun di halte Linnaeushof3.

Bagi pengunjung yang datang dengan mobil, terdapat beberapa tempat parkir di sekitar taman bermain, seperti:

Parkeerterrein Linnaeushof: tempat parkir yang terletak di sebelah taman bermain. Biaya parkir di sini adalah €6 per hari.
Parkeerterrein Zandlaan: tempat parkir yang terletak di seberang jalan dari taman bermain. Biaya parkir di sini adalah €6 per hari.
Parkeerterrein Glipperweg: tempat parkir yang letaknya sekitar 500 meter dari taman bermain. Biaya parkir di sini adalah €6 per hari.


Tips untuk Pengunjung

Berikut beberapa tips yang dapat membantu pengunjung menikmati kunjungannya ke Linnaeushof:

  • Taman bermain ini buka setiap hari dari bulan April hingga Oktober, mulai pukul 10:00 hingga 18:001. Waktu terbaik mengunjungi taman bermain ini adalah pada pagi atau sore hari, saat cuaca cerah dan tidak terlalu ramai.
  • Taman bermain ini memiliki fasilitas seperti toilet, kantin, toko suvenir, ruang ganti, dan akses internet gratis. Pengunjung juga dapat meminjam kursi roda atau kereta bayi untuk anak jika diperlukan.
  • Taman bermain ini memiliki koleksi struktur dan atraksi permainan yang banyak dan beragam. Oleh karena itu, pengunjung disarankan untuk memilih salah satu yang paling mereka minati dan menghabiskan cukup waktu di sana. Pengunjung juga dapat menggunakan peta taman bermain atau aplikasi taman bermain untuk membantu mereka menemukan lokasi dan informasi struktur permainan serta atraksi yang ingin mereka kunjungi.
  • Taman bermain merupakan tempat yang cocok untuk mengambil foto-foto indah arsitektur atau suasana taman bermain. Pengunjung dapat mengabadikan bangunan bermain yang unik dan menarik, area bermain air yang menyegarkan dan menyenangkan, atau acara yang meriah dan menyenangkan.
  • Taman bermain ini merupakan bagian dari sejarah dan budaya Belanda. Pengunjung dapat mengetahui lebih jauh mengenai taman bermain dengan membaca papan informasi, multimedia interaktif, atau buku-buku yang tersedia di taman bermain. Pengunjung juga dapat mengikuti tur berpemandu atau panduan audio yang diselenggarakan oleh Linnaeushof atau organisasi lain.