Katedral Glasgow adalah sebuah gereja paroki dari Gereja Skotlandia di Glasgow, Skotlandia. Ini adalah katedral tertua di daratan Skotlandia dan bangunan tertua di Glasgow Katedral ini adalah bekas tempat kedudukan Uskup Agung Glasgow, dan gereja induk dari Keuskupan Agung Glasgow dan Provinsi Glasgow, sampai Reformasi Skotlandia pada abad ke-16. Katedral Glasgow dan Katedral St Magnus di Orkney adalah satu-satunya katedral abad pertengahan di Skotlandia yang bertahan dari Reformasi hampir utuh

Katedral ini didedikasikan untuk Santo Mungo, pelindung kota Glasgow, yang makamnya terletak di pusat Gereja Bawah bangunan ini. Batu pertama katedral ini didedikasikan pada tahun 1136, di hadapan Daud 1 Fragmen dari bangunan ini telah ditemukan di bawah struktur katedral saat ini, yang didedikasikan pada tahun 1197, meskipun sebagian besar katedral saat ini berasal dari pembangunan besar-besaran pada abad ke-13

Sejarah Singkat atau Pendahuluan

Katedral Glasgow berasal dari museum Kelvingrove yang pertama dibuka pada tahun 1870 sebagai Museum Industri Kota, museum munisipal pertama Glasgow. Museum ini menempati Kelvingrove House, sebuah rumah besar yang dibangun pada tahun 1783 dan awalnya merupakan rumah Lord Provost Patrick Colquhoun

Pembangunan Katedral Glasgow sebagian didanai oleh hasil dari Pameran Internasional 1888. Bangunan ini dirancang oleh Sir John W. Simpson dan E.J. Milner Allen dan dibuka pada tahun 1901 sebagai Istana Seni Rupa untuk Pameran Internasional Glasgow yang diselenggarakan pada tahun itu. Ada sebuah mitos urban di Glasgow bahwa bangunan ini secara tidak sengaja dibangun terbalik, dan arsiteknya melompat dari salah satu menara karena menyadari kesalahannya. Namun, pintu masuk utama selalu dimaksudkan untuk menghadap ke Kelvingrove Park

Katedral Glasgow ditutup pada tahun 2003 untuk direnovasi dan direstorasi selama tiga tahun dengan biaya £27 juta. Bangunan ini dibuka kembali pada tahun 2006 dengan koleksi yang disusun ulang menjadi dua bagian: Kehidupan dan Ekspresi. Bagian Kehidupan mewakili sejarah alam, sejarah manusia dan prasejarah. Bagian Ekspresi mencakup koleksi seni rupa. Dua puluh dua galeri menampilkan lebih dari 8.000 objek. Beberapa pameran terkenal adalah Kristus dari St John of the Cross karya Salvador Dali, Sir Roger gajah Asia, baju besi Avant, dan lukisan-lukisan oleh Glasgow Boys dan Scottish Colourists.

Jenis-Jenis dan Tanggal Festival

Katedral Glasgow adalah tempat penyelenggaraan berbagai festival yang berkaitan dengan seni dan budaya sepanjang tahun, terutama pada musim panas dan khususnya pada bulan Agustus. Beberapa festival terkenal yang diselenggarakan di Katedral Glasgow adalah:

Cara Menuju Katedral Glasgow

Katedral Glasgow mudah dijangkau dengan berbagai cara transportasi, baik lokal maupun nasional. Berikut adalah beberapa cara untuk menuju Katedral Glasgow:

  • Berjalan kaki. Katedral Glasgow adalah tempat yang ramah pejalan kaki, yang dapat dicapai dengan berjalan kaki dari berbagai tempat di pusat kota. Anda juga dapat menggunakan jaringan jalur pejalan kaki yang menghubungkan berbagai tempat wisata di kota ini.
  • Naik kereta. Naiklah ScotRail dari London King’s Cross atau London Euston ke stasiun kereta Glasgow Central atau Glasgow Queen Street, yang memakan waktu sekitar empat jam. Anda juga dapat naik kereta dari kota-kota lain seperti Edinburgh, Aberdeen, Inverness, dan lain-lain. Kunjungi situs web ScotRail untuk memesan tiket.
  • Naik bus. Naiklah National Express atau Megabus dari London Victoria Coach Station ke Buchanan Bus Station di Glasgow, yang memakan waktu sekitar sembilan jam. Anda juga dapat naik bus dari kota-kota lain seperti Manchester, Liverpool, Newcastle, dan lain-lain. Kunjungi situs web National Express atau Megabus untuk memesan tiket.
  • Naik mobil. Ikuti jalan tol M1 dan A1 dari London ke Glasgow, yang memakan waktu sekitar tujuh jam. Parkir tersedia di dekat Katedral Glasgow dengan tarif £2.00 per jam. Kunjungi situs web Parkopedia untuk informasi lebih lanjut tentang tarif dan ketersediaan parkir.
  • Naik pesawat. Bandara Glasgow terletak sekitar 13 kilometer dari Katedral Glasgow dan menawarkan penerbangan domestik dan internasional. Anda dapat naik bus ekspres 500 dari bandara ke pusat kota dalam waktu 15 menit. Kunjungi situs web Bandara Glasgow untuk informasi lebih lanjut tentang penerbangan dan transportasi.

Tips Pengunjung untuk Katedral Glasgow

Untuk memaksimalkan pengalaman Anda di Katedral Glasgow, berikut adalah beberapa tips pengunjung yang dapat Anda pertimbangkan:

  • Perencanaan kunjungan. Sebelum mengunjungi Katedral Glasgow, disarankan untuk merencanakan kunjungan Anda dengan memeriksa situs web resmi Historic Environment Scotland atau mengunduh aplikasi People Make Glasgow yang tersedia untuk Android dan iOS. Anda dapat menemukan informasi terkini tentang atraksi, akomodasi, transportasi, makanan, belanja, dan lain-lain. Anda juga dapat memesan tiket online untuk menghindari antrean di loket.
  • Pakaian dan perlengkapan. Karena cuaca di Glasgow dapat berubah-ubah, Anda harus membawa pakaian dan perlengkapan yang sesuai dengan kondisi cuaca. Anda harus membawa jaket, payung, topi, kacamata hitam, sepatu nyaman, dan tas kecil. Anda juga harus membawa botol air, camilan, peta, dan kamera untuk menikmati katedral ini.
  • Makan dan minum. Katedral Glasgow memiliki sebuah kafe yang terletak di lantai dasar katedral ini, yang menyajikan makanan dan minuman ringan seperti sandwich, salad, kue-kue Skotlandia tradisional seperti shortbread dan scone, teh Skotlandia khas seperti Earl Grey dan Scottish Breakfast Tea, kopi Skotlandia khas seperti Brodies of Edinburgh dan Edinburgh Tea & Coffee Company, dan lain-lain. Kafe ini juga menawarkan pemandangan ke taman katedral yang indah.
  • Belanja dan suvenir. Jika Anda ingin membeli sesuatu untuk mengenang kunjungan Anda di Katedral Glasgow, Anda dapat mengunjungi toko suvenir yang terletak di pintu keluar katedral ini. Toko ini menjual berbagai barang-barang berkualitas yang berkaitan dengan katedral ini dan sejarah Skotlandia, seperti buku-buku sejarah dan sastra Skotlandia klasik seperti The Heart of Midlothian oleh Sir Walter Scott dan The Prime of Miss Jean Brodie oleh Muriel Spark; seni-seni dan kerajinan tangan Skotlandia tradisional seperti tartan Skotlandia (kain kotak-kotak), tweed Skotlandia (kain wol), thistle Skotlandia (bunga nasional), cairngorm Skotlandia (batu permata), dan lain-lain; pakaian-pakaian dan aksesori Skotlandia tradisional seperti kilt Skotlandia (rok wol), sporran Skotlandia (tas kulit), sgian-dubh Skotlandia (pisau kecil), dan lain-lain; mainan-mainan dan cinderamata-cinderamata Skotlandia lucu seperti boneka Nessie (monster Loch Ness) dan boneka Highland cow (sapi pegunungan); dan lain-lain. Anda juga dapat membeli tiket masuk katedral sebagai hadiah untuk orang yang Anda cintai. Toko ini dibuka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 17.00.
  • Keamanan dan keselamatan. Katedral Glasgow adalah tempat yang aman dan ramah untuk dikunjungi oleh semua orang. Namun, tetaplah waspada terhadap barang-barang pribadi Anda dan jangan meninggalkannya tanpa pengawasan. Jika Anda membutuhkan bantuan atau memiliki pertanyaan apa pun selama kunjungan Anda di katedral ini, jangan ragu untuk menghubungi staf atau sukarelawan yang berseragam merah yang akan dengan senang hati membantu Anda.

Katedral Glasgow adalah bangunan tertua dan terindah di Glasgow, yang didedikasikan untuk Santo Mungo, pelindung kota Glasgow. Bangunan ini adalah bekas tempat kedudukan Uskup Agung Glasgow, dan gereja induk dari Keuskupan Agung Glasgow dan Provinsi Glasgow, sampai Reformasi Skotlandia pada abad ke-16. Katedral Glasgow dan Katedral St Magnus di Orkney adalah satu-satunya katedral abad pertengahan di Skotlandia yang bertahan dari Reformasi hampir utuh.