Georgia Aquarium adalah sebuah akuarium publik yang terletak di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Akuarium ini memiliki lebih dari 10 juta galon air dan lebih dari 100 ribu hewan dari 500 spesies. Akuarium ini merupakan akuarium terbesar di dunia dari tahun 2005 hingga 2012, ketika ia disalip oleh S.E.A. Aquarium di Singapura dan Chimelong Ocean Kingdom di ChinaAkuarium ini masih menjadi akuarium terbesar di Amerika Serikat dan terbesar kelima di dunia.

Akuarium ini didirikan berkat sumbangan sebesar $250 juta dari yayasan Bernard Marcus, salah satu pendiri The Home Depot, sebuah perusahaan ritel bahan bangunan. Sumbangan ini mencakup sebagian besar dana yang dibutuhkan untuk membangun dan mengisi akuarium iniAkuarium ini dibuka untuk umum pada tanggal 23 November 2005.

Akuarium ini memiliki tujuh galeri utama, yaitu Tropical Diver, Ocean Voyager, Cold Water Quest, Dolphin Coast, River Scout, Georgia Explorer, dan Aquanaut Adventure. Di setiap galeri, Anda bisa melihat berbagai makhluk laut yang menakjubkan, seperti hiu paus, lumba-lumba, beluga, pari manta, anjing laut, dan banyak lagi. Anda juga bisa mengikuti berbagai program interaktif, seperti menyelam dengan hiu, menyentuh ikan pari, atau berenang dengan lumba-lumba.

Galeri dan Atraksi di Georgia Aquarium

Georgia Aquarium memiliki berbagai galeri dan atraksi yang menarik untuk dinikmati oleh pengunjung, baik yang berhubungan dengan edukasi, konservasi, maupun hiburan. Berikut adalah beberapa galeri dan atraksi di Georgia Aquarium yang populer dan direkomendasikan:

Tropical Diver

Tropical Diver adalah galeri yang menampilkan keindahan dan keanekaragaman ekosistem laut tropis. Di sini, Anda bisa melihat berbagai ikan warna-warni, karang-karang hidup, ubur-ubur, kuda laut, dan lain-lain. Anda juga bisa melihat sebuah terumbu karang buatan yang memiliki luas sekitar 164 kaki persegi dan tinggi sekitar 26 kaki. Terumbu karang ini memiliki lebih dari 50 spesies karang hidup dan lebih dari 2.000 ikan.

Ocean Voyager

Ocean Voyager adalah galeri terbesar di Georgia Aquarium, dengan kapasitas air sekitar 6,3 juta galon. Galeri ini merupakan rumah bagi empat ekor hiu paus, empat ekor pari manta raksasa, dan ribuan hewan laut lainnya. Galeri ini memiliki sebuah terowongan kaca sepanjang 100 kaki yang memungkinkan Anda melihat hewan-hewan tersebut dari dekat. Galeri ini juga memiliki sebuah jendela akrilik raksasa dengan ukuran 23 kaki x 61 kaki x 2 kaki, yang merupakan jendela terbesar di Amerika Utara.

Cold Water Quest

Cold Water Quest adalah galeri yang menampilkan hewan-hewan laut yang hidup di perairan dingin. Di sini, Anda bisa melihat berbagai hewan seperti beluga putih, anjing laut harpa, penguin Afrika, gurita raksasa Pasifik, labi-labi aligator snapping, dan lain-lain. Anda juga bisa menyentuh beberapa hewan seperti bintang laut dan krab di touch pool.

Dolphin Coast

Dolphin Coast adalah galeri yang menampilkan lumba-lumba hidung botol Atlantik. Galeri ini memiliki kapasitas air sekitar 1,8 juta galon dan kedalaman sekitar 30 kaki. Galeri ini memiliki sebuah jendela akrilik dengan ukuran 25 kaki x 63 kaki x 2 kaki yang memungkinkan Anda melihat lumba-lumba dari dekat. Galeri ini juga memiliki sebuah teater dengan kapasitas sekitar 1.800 kursi yang menampilkan pertunjukan lumba-lumba yang spektakuler.

River Scout

River Scout adalah galeri yang menampilkan hewan-hewan laut yang hidup di sungai-sungai. Di sini, Anda bisa melihat berbagai hewan seperti piranha, arapaima, alligator, anaconda, otter, dan lain-lain. Galeri ini memiliki sebuah terowongan kaca melingkar yang memungkinkan Anda melihat hewan-hewan tersebut dari bawah permukaan air. Galeri ini juga memiliki sebuah air terjun buatan yang mengalir dari atas ke bawah.

Georgia Explorer

Georgia Explorer adalah galeri yang menampilkan hewan-hewan laut yang hidup di perairan Georgia. Di sini, Anda bisa melihat berbagai hewan seperti hiu bambu, pari elang, kura-kura laut, kepiting raja, dan lain-lain. Anda juga bisa menyentuh beberapa hewan seperti hiu bambu dan pari elang di touch pool. Galeri ini juga memiliki sebuah kapal penjelajah buatan yang memiliki berbagai alat dan peralatan untuk mengeksplorasi laut.

Aquanaut Adventure

Aquanaut Adventure adalah galeri interaktif yang menantang Anda untuk menjadi seorang penjelajah laut. Di sini, Anda bisa mengikuti berbagai misi dan aktivitas yang menguji pengetahuan dan keterampilan Anda tentang laut. Anda juga bisa menggunakan berbagai teknologi canggih seperti tablet, kamera, dan mikroskop untuk mengamati dan mempelajari hewan-hewan laut. Galeri ini cocok untuk anak-anak dan keluarga.

Tips Pengunjung dan Kesimpulan

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda perhatikan jika ingin mengunjungi Georgia Aquarium:

  • Gunakan transportasi umum atau online untuk menghindari kemacetan dan kesulitan parkir. Anda bisa menggunakan bus MARTA, kereta MARTA Rail, streetcar Atlanta Streetcar, atau ojek online untuk menuju akuarium ini.
  • Jika ingin menghemat waktu dan uang, sebaiknya beli tiket secara online terlebih dahulu di situs resmi akuarium atau di loket tiket di tempat. Harga tiket online lebih murah daripada harga tiket di loket tiket.
  • Jika ingin mendapatkan diskon hingga 40%, Anda bisa membeli tiket CityPASS Atlanta yang memberikan akses ke lima objek wisata populer di Atlanta, termasuk Georgia Aquarium.
  • Jika ingin mengunjungi akuarium ini pada saat ramai pengunjung, sebaiknya datang lebih awal atau lebih akhir untuk menghindari antrean panjang. Waktu kunjungan ideal adalah sekitar dua jam.
  • Jika ingin membawa pulang kenang-kenangan dari akuarium ini, Anda bisa mengunjungi Gift Shop yang menyediakan berbagai barang-barang berkualitas dengan logo atau gambar hewan laut.

Georgia Aquarium adalah sebuah akuarium publik yang terletak di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Akuarium ini merupakan akuarium terbesar di dunia yang menampilkan lebih dari 100 ribu hewan dari 500 spesies. Akuarium ini memiliki tujuh galeri utama yang menawarkan pengalaman edukasi, konservasi, dan hiburan yang luar biasa. Anda bisa melihat berbagai makhluk laut yang menakjubkan, seperti hiu paus, lumba-lumba, beluga, pari manta, anjing laut, dan banyak lagi. Anda juga bisa mengikuti berbagai program interaktif, seperti menyelam dengan hiu, menyentuh ikan pari, atau berenang dengan lumba-lumba.