Candi Ratu Boko adalah salah satu kompleks candi terkenal yang terletak di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini terletak di atas bukit yang menawarkan pemandangan yang spektakuler dengan latar belakang Gunung Merapi dan Pegunungan Seribu.

Candi Ratu Boko diperkirakan telah dibangun pada abad ke-8 oleh Dinasti Sailendra, meskipun sejarah pastinya masih menjadi misteri hingga saat ini. Candi ini juga dianggap sebagai tempat peristirahatan raja Mataram Kuno, karena di dalam kompleks terdapat beberapa bangunan istana dan pendapa yang terbuat dari batu andesit.


Salah satu keunikan Candi Ratu Boko adalah desain arsitektur yang unik dan berbeda dari candi-candi lain di Indonesia. Candi ini menggabungkan elemen-elemen arsitektur Hindu dan Buddha, serta unsur-unsur lokal Jawa. Bangunan candi memiliki atap bertingkat yang dihiasi dengan relief, patung dan ornamen yang indah. Di bagian dalam candi terdapat beberapa ruangan yang digunakan sebagai tempat ibadah.

Di dalam kompleks Candi Ratu Boko terdapat beberapa bangunan yang menarik, seperti Paseban, sebuah paviliun yang dulunya digunakan sebagai tempat raja bersantai dan menikmati pemandangan. Di samping Paseban, terdapat juga bangunan lain yang terdiri dari dua bangunan utama, yakni Bale Soko Tengen dan Bale Soko Kidul. Kedua bangunan ini memiliki atap bertingkat dan terbuat dari batu andesit yang menghasilkan tampilan yang menakjubkan.

Selain menikmati keindahan bangunan candi, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dari puncak bukit. Di sini, Anda dapat melihat pemandangan alam yang menakjubkan, termasuk pemandangan Gunung Merapi dan Pegunungan Seribu.


Untuk memasuki kompleks Candi Ratu Boko, pengunjung perlu membayar tiket masuk. Setelah masuk, pengunjung dapat menikmati keindahan candi dan sejarah di baliknya. Ada banyak warung yang menjual makanan dan minuman di sekitar candi yang bisa menjadi pilihan bagi pengunjung untuk beristirahat sejenak.

Candi Ratu Boko adalah salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Yogyakarta. Keindahan bangunan candi dan sejarah di baliknya, ditambah pemandangan alam yang spektakuler, menjadikan Candi Ratu Boko sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang berkunjung ke Yogyakarta.