10 Tempat Wisata Puncak Instagramable banget !! 

  • Publish On 02/06/2020
10 Tempat Wisata Puncak Instagramable banget !! 

10 Tempat Wisata Puncak Instagramable banget !! 

Tempat wisata di Puncak menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat yang menyajikan suasana alam sejuk dan menyegarkan.

Bogor banyak dipilih sebagai tempat refreshing bagi siapapun karena bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan saja. Tidak heran jika lalu lintas menuju ke Puncak Bogor selalu macet di akhir pekan atau pada masa liburan.

Selain tempatnya yang dekat, suasana sejuk di Bogor juga tidak ditemukan di kota besar lainnya yang padat akan polusi. Faktor ini yang membuat puncak sebagai destinasi akhir pekan yang cukup diminati dengan biaya yang relatif murah.

Puncak Bogor juga dikenal dengan kawasan turis Timur Tengah dan Asia. Oleh karenanya, tidak mengherankan bila beberapa pelayanan jasa dan toko menggunakan spanduk dalam bahasa Arab.

Selain itu, deretan objek wisata di puncak merupakan tujuan wisata menarik bagi rombongan maupun keluarga yang tinggal di daerah Jawa Barat. Terdapat wisata alam berupa pegunungan, danau, air terjun, taman wisata, area perkebunan, tempat bersejarah, dan beberapa destinasi lainnya yang kaya akan panorama eksotis.

Wilayah Puncak berada pada jalur perbatasan Bogor-Cianjuar dengan suhu sekitar 14-18 derajat celcius dengan suasana dingin di malam hari.

Wilayah ini mencakup beberapa kecamatan, beberapa di antaranya terdapat di Bogor seperti Babakan Madang, Sukaraja, Sukamakmur, Ciawi, Cigombong, Cijeruk, Cisarua, Citeureup, dan Megamendung. Lalu dua kecamatan lainya berada di kabupaten Cianjur yaitu Pacet dan Cipanas.

Kontur alam unik ini membuat kawasan puncak berada di dua wilayah yaitu Bogor maupun Cianjur, sehingga tidak mengherankan bila beberapa objek wisata terdapat di dua daerah tersebut.

Untuk memastikan rencana liburanmu mengasyikkan, berikut ini adalah daftar rekomendasi tempat wisata di Puncak yang instagramable, dari destinasi terbaru hingga paling hits dikunjungi

1. Telaga Warna Cisarua Puncak

wisata  instagramable yang satu ini adalah taman wisata alam yang lokasinya terletak di kawasan cisarua bogor. taman wisata ini merupakan salah satu primadona obyek wisata yang dikenal akan kaindahan alamnya. hemparan kebun teh yang luas serta uadara sejuk bisa anda rasakan disini. sedangkan waktu luas keseluruhan wisata taman telaga warna adalah 5 hektar, dan untuk telaganya seluas 1.5 hektar, wisata alam ini bisa menjadi destinasi wisata liburan bersama keluarga, teman, maupun pasangan.

2. Taman Bunga Nusantara

Terletak tidak jauh dari Gunung Gede, udara di sini segar sekali. Cocok banget untuk melepas penat setelah seminggu bekerja. 

Taman Bunga Nusantara didirikan atas prakarsa ibu Dani Bustanil Arifin pada tahun 1992. Beliau saat itu memang menjadi ketua Yayasan Bunga Nusantara, dan membangun taman ini sebagai area agrowisata. Secara resmi, Taman Bunga Nusantara diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1995.

Sekarang tempat wisata ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata favorit pengunjung, terutama pengunjung dari wilayah DKI Jakarta.

3. Curug Panjang Megamendung

Curug Panjang merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata yang ada di ouncak, tepatnya berada di desa citamiang, kec. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat.

letak dari curug panjang ini masih terletak di lereng gunung paseban, air terjun ini de kelilingi oleh pohon-pohon tinggi, tebing, batu alam yang masih alami,

sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan alam khas kabupaten bogor dengan duduk di batu-batu tersebut.

lokasi curug panjang ini berada cukup dekat dengan tempat wisata yang digunakan untuk melihat dan berinteraksi dengan beragam satwa, yaitu Taman Safari Indonesia, Cisarua.

4. Telaga Biru Cipanas

Lokasi  Talaga Cikeas yang berada di Desa Cikeas, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor dengan luas area ± 8,6 Ha. Letak Talaga Cikeas berada disebuah lembah di sela-sela perbukitan hijau , ditengah konfigurasi alam yang variatif dan berbukit, juga akses yang mudah dijangkau menjadikan Talaga Cikeas sebagai salah satu Lokasi Outbound di Bogor.

Lokasi di Talaga Cikeas sangat cocok untuk melakukan kegiatan Outbound, Gathering, Paintball, Archery dan juga Lokasi Arung Jeram / Rafting yang dekat hanya berjarak 5 menit dari Talaga Cikeas. Sambil berkegiatan kita bisa memandangi hijaunya gunung hambalang dan gunung pancar serta birunya gunung pangarango dan gunung salak.

Di Talaga Cikeas kita bisa menikmati gaya country, unik dan eksotik dari loghome Villa Rasamala. Dan juga ada fasilitas lainnya seperti kolam renang keluarga, kolam pancing, bersampan / naik perahu kayu di danau yang ada di Talaga Cikeas, Camping dengan green area yang luas tentunya. Termasuk aktivitas kegiatan Outbound, Gathering, Paintball, Archery bisa dilakukan di lokasi Talaga Cikeas.

5. Candi Tri Dharma Cianjur

Candi Tridharma bisa diakses dari Pasar Cipanas kemudian belok kanan (dari arah Jakarta) melewati jalan menuju Gunung Putri. Jika tidak dengan kendaraan pribadi, kamu bisa naik angkutan umum. Jangan ragu bertanya pada penduduk setempat, karena petunjuk jalannya masih minim. Perkebunan dan persawahan terhampar luas di beberapa titik, kalau naik motor pasti bisa langsung merasakan hawa gunung yang segar.

6.. Melrimba Garden cisarua puncak

Melrimba Garden terletak sekitar 1 kilometer setelah Mesjid At Ta’awun Puncak (setelah perkebunan Teh Tanah Mas, sebelum restoran Rindu Alam, dan terletak  di sisi kiri jalan kalau kita datang dari arah Bogor).

Bagi pengunjung yang sebagian besar adalah orang perkotaan, menyantap makanan nikmat dengan suasana asri dan udara bersih seperti di Melrimba Garden dijamin akan membuat  pikiran dan tubuh segar kembali setelah lelah beraktifitas di hari kerja. Anak-anak pun  senang dan merasa bugar karena mereka  dapat berjalan-jalan dan berlarian di taman bunga, mengendarai ATV, bermain Fun Boat, belajar memancing maupun bermain di playground-nya yang luas.

7. Little Vanice 

Little Vanice  termasuk dalam kawasan wisata puncak Bogor favorit. Dengan berkunjung ke sana akan membuat kamu merasakan sedang berada di Kota Venesia, Italia.

Little Venice beralamatkan di Batubalang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Lokasinya masih berada dalam kawasan Kota Bunga.

Dengan keindahan dan udaranya yang sejuk dapat membuat liburan bersama keluarga atau teman lebih menarik. Banyak pengunjung yang yang datang untuk berfoto karena spot-spot Instagramable-nya

8. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas Bogor merupakan UPT balai Konservasi tumbuhan Kebun raya Cibodas di bawah pusat konservasi Kebun Raya Bogor. Lokasinya berada di antara gunung Gede dan Pangrango dan  berada di ketinggian 1425 di atas permukaan laut. Kebun raya ini berjarak 100 km dari Jakarta dan 80 km dari kota Bandung.

Selain sebagai balai konservasi, Kebun Raya ini juga membuka diri untuk melayani masyarakat sesuai dengan kebutuhannya. Banyak layanan yang ditawarkan kepada masyarakat seperti pendidikan Lingkungan dan penelitian. Namun, Kebun Raya Cibodas juga sering dijadikan destinasi wisata karena kesejukan dan keindahan pemandangannya.

9. The Ranch Cisarua Puncak 

Tak sedikit yang dibuat terheran-heran keindahan wisata The Ranch Mega Mendung ketika banyak foto-fotonya tersebar di dunia maya, banyak menyangka kalau lokasi tersebut diambil bukan di Indonesia. Hal tersebut tak aneh, sebab dari arsitektur bangunan serta kondisi perkebunan identik sebuah tempat asri di kawasan benua biru atau benua Amerika. Melainkan spot-spot kece tersebut mengambil setting di salah satu wisata baru di Bogor.

Sekilas nama wisata ini hampir mirip wisata di Bandung yang sudah terkenal lebih dahulu yakni De’Ranch Lembang Bandung, hal tersebut beralasan karena wisata The Ranch Mega Mendung Puncak merupakan cabang dari destinasi wisata De’Ranch Bandung. Kalau dilihat konsep dari kedua wisata tersebut memang mirip, namun pengunjung berani mengklaim bahwa wahana The Ranch Mega lebih lengkap nan menarik.

Biasanya pengunjung kesana selain menikmati keindahan suasana, mereka akan berkuda maupun memanah. Disediakan lahan khusus berkuda seluas 6,5 hektar, sehingga pengunjung bisa bebas berkeliling sembari menikmati pemandangan alam sekitar mempesona. Bila anda melihat sekeliling bangunan-bangunan unik khas Eropa disana masih dalam proses pembangunan, hal tersebut terasa wajar karena wisata The Ranch Mega Mendung puncak Bogor tergolong wisata baru. Rencananya di pertengahan hingga akhir tahun 2018, wisata tersebut akan selesai seluruhnya.

Lokasi wisata semakin nampak instagenic dengan tatanan rapi bunga-bunga seperti di negeri dongeng. Ketika teman-teman berada disini, seakan lupa bila berada di puncak Bogor melainkan karena merasakan suasana khas Eropa. Belum juga udara sejuk pegunungan sangat terasa, membuat siapapun betah berlama-lama di lokasi wisata.

10. Curug 7 Cilember

Curug Cilember adalah kawasan yang memang wajib dikunjungi oleh sobat native, terutama bagi mereka yang singgah di kawasan puncak Bogor. Kawasan ini berada di ketinggian kurang lebih 800 hingga 900 mdpl, menghasilkan begitu banyak vegetasu hutan hujan tropis yang dapat dinikmati. Curug ini mulai dikelola oleh Perum Perhutani pada tahun 1990.

Sepuluh tahun setelah diambil alih pengelolaannya oleh Perhutani, kawasan ini diresmikan oleh pemerintahan Kota Bogor. Dengan luas kurang lebih 5,9 Ha, tempat ini didominasi oleh tanaman pinus merkuri yang mengesankan. Pemandangan yang dihasilkan pun seperti hasil sebuah lukisan tangan-tangan pelukis ternama, sehingga bisa dijadikan sebagai spot foto kece.

Konon cerita di tempat ini ada kurang lebih 7 curug, dimana semakin kecil angkanya, semakin sulit medan yang harus ditempuh. Tetapi semua perjuangan yang harus dilalui akan terbayarkan dengan keindahan dan kepuasan yang akan tercipta. Setiap tetes keringat seakan tak berarti dengan semua pesona Curug Cilember.

You might like