Tips Cegah Virus Saat Traveling

  • Publish On 03/02/2020
Tips Cegah Virus Saat Traveling

Virus corona baru-baru ini lagi jadi perbincangan dunia. Semua berita, mau TV, radio, atau sosial media pada ngebahas virus satu ini. Usut punya usut, virus berbahaya ini ternyata berasal dari Kota Wuhan, China. Nah, yang bikin ngeri, virus berbahaya ini ternyata udah menyebar ke berbagai negara dan udah ratusan nyawa melayang gara-gara terinfeksi virus tersebut. Terus gimana dong dengan kamu yang udah punya rencana buat travelling keluar negeri tahun ini? Jangan panik, disini kita akan membahas tips amann untuk mencegah terjangkit virus saat traveling..

1. Konsultasi Ke Dokter Terlebih dahulu

Penting dan jangan disepelekan sebelum traveling ke luar negeri, yaitu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Ada baiknya, konsultasi ini dilakukan 4-8 minggu sebelum perjalanan dilakukan, terutama kalau kamu hendak menetap berminggu-minggu di daerah tujuan.

Tapi, karena ada juga orang yang superduper sibuk dan gak sempet konsultasi, masih bisa kok konsultasi di menit-menit terakhir saat mau berangkat ke luar negeri. Konsultasi ini pastinya bikin kamu lebih paham mengenai virus-virus yang mungklin menular terutama virus corona. Selain itu, dokter juga bisa menentukan jenis vaksin dan obat-obatan apa aja yang dibutuhkan tubuhmu.

 

2. Jangan Lupa Selalu Pakai masker

Kamu harus mengenakan masker ketika berada di ruangan yang sama dengan orang lain dan ketika Anda mengunjungi tempat-tempat umum. Jika kmau tidak bisa memakai masker, orang-orang yang tinggal bersama kamu harus memakainya saat mereka berada di ruangan yang sama dengan kamu.
hal ini dapat mencegah paparan virus yang terdapat di udara

 

3. Sering Cuci Tangan dengan sabun di air mengalir

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol jika sabun dan air tidak tersedia dan jika tangan Anda tidak terlihat kotor. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang belum dicuci.
 

4. Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin

 Tutupi mulut dan hidung dengan tisu ketika batuk atau bersin, atau batuk atau bersin ke lengan baju. Buang tisu bekas di tempat sampah dan segera cuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik.

 

5. Istirahat Cukup Dan makan makanan bergizi

Nggak semua orang yang terinfeksi virus langsuing sakit atau meninggal. Ada juga orang yang berhasil sembuh berkat kondisi imunnya dan layanan kesehatan yang baik. Agar imunitas tubuhmu terjaga dan tubuh tetap dalam kondisi prima maka jangan sampai kamu kurang istirahat dan nggak makan makanan bergizi. Karena, jika kamu berpergian dalam keadaan sakit, potensi tubuh dimasuki virus pun semakin besar karena daya tahan tubuh lemah. Jadi, usahakan jaga pola makan dan istirahat yang cukup agar daya tahan tubuhmu kuat.

 

6. Hindari Kontak fisik dengan orang-orang baru disana

Hal itu penting, namun bukan berarti kamu tidak boleh bertemu dengan orang-oramg disana, hal ini dilakukan untuk antisipasi dan berjaga-jaga, karena kita tidak tahu bahwa orang-orang sekitar terjangkit firus atau tidak, maka sebaiknya batasi kontak fisik dengan orang0orang baru disana yaa..

Nah itu dia tips untuk mencegah terkena virus saat traveling ke luiar negeri, selalu jaga kesehatan dan kebersihan diri dan berhati-hatilah jika ingin traveling keluar negeri, terutama di daerah asia. Semoga bermanfaat

Mungkin kamu menyukai