Tempat Wisata Diving Paling Favorit di Bali

  • Publish On 23/01/2020
Tempat Wisata Diving Paling Favorit di Bali

 10 Tempat Wisata Diving Paling Favorit di Bali

Keindahan panorama alam pulau Bali memang sudah begitu populer dan mendunia. Berbagai media telah menyebutkan jika Bali merupakan salah satu pulau tercantik di bumi ini. Tak heran kalau ada banyak sekali turis luar negeri yang tertarik ke Bali hanya untuk menikmati pantai, gunung hingga budaya yang ada di pulau Dewata ini.

Namun sebetulnya kecantikan Bali bukanlah apa yang terlihat di permukaannya saja. Bagian bawah laut Bali juga memiliki pesona luar biasa yang bisa membuat siapapun terpesona. Hal inilah yang akhirnya menjadikan Bali sebagai salah satu destinasi diving alias menyelam terbaik yang pernah ada. Supaya tidak penasaran, berikut ini adalah tempat-tempat menyelam terbaik di Bali.

 

1. Candidasa Diving

 

(sumber: sianmaycandidasadiving.com)

Candidasa sungguh tempat yang luar biasa untuk melakukan scuba diving di Bali terutama di sekitar empat pulau kecil Gili Tepekong, Gili Biaha, Gili Mimpang and Gili Selang. Dengan visibility yang baik namun sedikit dingin banyak kehidupan laut yang bisa ditemui terutama hiu, whitetip, blacktip reef shark, wobbegong shark, cat shark dan bahkan hammerhead. Tidak hanya itu coral yang indah dan sehat serta mola mola juga bisa ditemui disini pada bulan Agustus – Oktober.

2. Nusa Penida

(sumber: thenusapenida.com)

Jangan pernah tinggalkan pulau Bali tanpa berkunjung ke Nusa Penida. Karena pulau kecil ini memiliki keindahan alam di permukaan dan bawah laut yang sama-sama mempesona. Para penggila diving menjadikan Nusa Penida sebagai surga bawah laut karena memiliki banyak sekali spot kece untuk snorkeling dan tentunya diving. Dua spot paling favorit adalah Manta Point dan Crystal Bay.

Di Manta Point, Anda akan mendapatkan sensasi menyelam di kedalaman laut bersama manta-manta jinak yang bagian ekor beracunnya sudah dihilangkan. Dengan kedalaman 10-25 km, hanya penyelam profesional yang boleh berada di Manta Point. Sementara Crystal Bay lebih kaya biota lautnya dengan ikan mola-mola, ikan badut dan tentunya terumbu karang super cantik.

 

3. Nusa Lembongan

(sumber: boldtravel.com)

Kecantikan Nusa Lembongan sudah tak perlu kamu ragukan lagi ya. Pulau yang terkenal dengan pesona biru eksotis pantainya ini memiliki empat spot kece yang sangat dicintai para snorkelers ataupun divers dunia.

Pertama-tama kita mulai dari sebelah utara pulau ini, yaitu pantai yang dekat dengan kawasan hutan mangrove. Di kawasan ini terdapat banyak sekali ikan-ikan kecil lucu dan menjadi spot aman untuk kamu yang baru pertama kali menyelam, karena kedalamannya hanya sekitar 2 meter.

Berikutnya terletak di kawasan Lembongan BayMushroom Beach, serta Blue Corner yang cocok dijadikan spot kece untuk diving, karena letaknya yang cukup jauh dari bibir pantai. Di sini kamu bisa menikmati berbagai jenis wisata air selain snorkeling dan diving seperti watersportsea walker atau jumping cliff. Nah, yakin gak mau kemari nih?

 

4. Pulau Menjangan

(sumber: nicetourbali.com)

Pertama, dimulai dari arah barat laut kota Denpasar, yaitu ada Pulau Menjangan yang letaknya cukup dekat dengan Pulau Jawa. Pulau Menjangan ini terletak di Teluk Terima, tepatnya di kawasan Taman Nasional Bali Barat, Jalan Raya Singaraja-Gilimanuk.

Pulau ini termasuk cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Nah, di kawasan pulau ini banyak terdapat spot snorkeling yang bakalan bikin kamu terpukau nih, guys. Jika menunggu air laut agak surut, kamu bisa snorkeling agak ke tengah, disuguhkan oleh pemandangan bawah laut yang luar biasa indah dengan ikan warna warni dan tentunya coral-coral yang cantik.

Duh, benar-benar tempat penghilang stres paling ampuh. Kamu yang penat dengan rutinitas sehari-hari sangat cocok berlibur kemari. Di sekitar Pulau Menjangan ini terdapat banyak resort mewah sampai guest house yang murah meriah.

Kamu juga bisa menyewa perlengkapan snorkeling maupun diving di sini. Waktu perjalanan yang ditempuh menuju tempat ini sekitar 3-4 jam bila ditempuh dari Denpasar ke arah barat, melewati kabupaten Negara.

Lumayan jauh ya. Tapi cukup sebanding dengan keindahan original view di pulau ini.

 

5. Pemutaran

(sumber:pemuteranbay.com)

Berada sekitar 30 kilometer dari pelabuhan Gilimanuk atau tepatnya 55 km arah barat kota Singaraja, Anda bisa menemukan Pemuteran. Sejauh ini Pemuteran dikenal di kalangan turis sebagai tempat penangkaran terumbu karang yang berisi arca-arca bawah laut. Sensasi menyelam di Pemuteran begitu kental dengan nuansa misterius yang tentunya semakin menarik.

 

6. Tulamben

(sumber: befreetour.com)

Tak berlebihan jika disebut Tulamben sebagai destinasi diving favorit para penyelam di dunia. Semua itu tak lepas dari kekayaan biota laut Tulamben yang sulit tertandingi mulai pemandangan kapal karam, gugusan terumbu karang dan tentunya ribuan spesies hewan lautan. Bicara soal pemandangan kapal karam, Tulamben memang mendunia dengan bangkai kapal perang Amerika.

Konon kabarnya bangkai kapal yang merupakan reruntuhan USS Liberty itu sudah tenggelam pada saat Perang Dunia II, beberapa dekade silam. Kini bangkai kapal perang itu jadi lokasi favorit penggemar fotografi mikro dan wide angle.

 

7. Japanese Ship Wreck

(sumber: YouTube.com/All4DivingIndonesia)

Mirip dengan Tulamben, Amed juga memiliki spot dengan nuansa kapal yang karam. Japanese Ship Wreck ini terletak di Lipah Bay Amed. Soal view? Kecantikan biota laut disini sangat luar biasa. Coral dan terumbu karang yang tumbuh alami di bangkai kapal Japanese Ship Wreck memberikan keeksotisan tersendiri bagi para snorkelers dan divers. Kamu tidak akan dibuat kecewa deh.

 

8. Tanjung benoa

(sumber: ebalitour.com )

Tempat snorkeling dan diving satu ini umumnya menjadi tempat wisata air yang paling umum dan sering dikunjungi wisatawan bila berkunjung ke Bali. Tak hanya menyajikan keindahan alam bawah laut yang luar biasa, tempat ini juga memiliki watersport terbaik di Bali.

Lokasi Tanjung Benoa ini cukup dekat dengan Bandara Ngurah Rai, yaitu sekitar 30 menit ke arah selatan menuju Nusa Dua. Tenang, harga paket snorkeling di sini mulai dari Rp 95 ribu. Murah banget dan kamu gak perlu jauh-jauh lagi cari tempat snorkeling yang kece.

 

9. Jameluk bay

(sumber: tribloo.com  )

Amed memiliki banyak sekali spot snorkeling maupun diving yang sangat populer. Seperti Jemeluk Bay yang letaknya cukup dekat dengan Pantai Vienna. Buat para pemula dan ingin mencoba snorkeling, Jemeluk Bay adalah tempat yang cocok untukmu.

Tak harus ke tengah, di pinggir pantai pun kamu bisa melakukan snorkeling. Karena pemandangan di pinggir pantai Jemeluk Beach ini sangat indah. Berani coba?

 

10. Padang bai

(sumber: befreetour.com )

Tempat diving di Bali ini lebih terkenal sebagai tempat penyeberangan ke Lombok. Akan tetapi, jangan nilai teluk ini dari luarnya. Lihatlah ke bawah laut niscaya kamu akan takjub.

Di samping kesibukan teluk ini, Pantai Padang Bai menyimpan kecantikan bawah laut yang biasa karena air lautnya yang jernih. Tak hanya itu, batu karangnya juga masih 

terlindung dan cantik. Arus airnya yang tenang dan tidak begitu dalam membuat tempat ini cocok untuk diving bagi pemula.

Saat menyelam di sini, kamu akan merasakan nuansa yang berbeda karena temperatur airnya yang lebih dingin dan jarak pandang air yang rendah.

Kamu bisa menemukan spot terbaik untuk menyelam yang lokasinya tidak begitu jauh dari pantai. Spot ini bisa dijangkau menggunakan perahu nelayan.

 

Nah, 10 lokasi menyelam di Bali yang telah dibahas benar-benar mempesona kan? Untuk itulah bagi Anda penggemar olahraga diving, segera rencanakan liburan ke Bali sekarang juga! dan cek juga paket-paket tour ke bali dengan harga terjangkau !!

Mungkin kamu menyukai