8 Tips liburan aman dan sehat selama masa new normal

  • Publish On 08/06/2020
8 Tips liburan aman dan sehat selama masa new normal

Pemerintah Indonesia telah mengumumkan rencana untuk mengimplementasikan skenario new normal atau era normal baru dalam waktu dekat. Keran pariwisata Indonesia pun mulai dipersiapkan untuk buka.

Namun, berlibur saat virus corona masih berkeliaran bukannya tanpa risiko. Apalagi jika kamu mengunjungi destinasi wisata yang terkenal ramai.

Untuk itu, kamu perlu siasat dan strategi agar tetap aman saat berlibur di masa new normal dan terhindar dari penularan virus corona. Yuk, intip tips-tipsnya berikut ini!

1. Pastikan tubuh dalam kondisi sehat sebelum berlibur

Memastikan tubuh dalam kondisi sehat dan bugar adalah hal yang paling penting dan krusial di masa pandemi seperti saat ini. Jangan memaksakan liburan jika merasa badan tidak sehat atau kurang fit. 

Jika perlu, kamu bisa mengikuti rapid test atau swab secara mandiri. Hasil tes ini nantinya bisa kamu bawa saat liburan untuk berjaga-jaga. Apalagi ada beberapa destinasi wisata yang mewajibkan pengunjung untuk membawa surat bebas Covid-19.

2. Pakai Masker

Selalu menggunakan masker di mana pun berada, apalagi di tempat umum. Meskipun kamu sehat, kamu bisa saja menjadi 'carrier' dengan status Orang Tanpa Gejala atau OTG. Masker juga terbukti dapat mengurangi risiko tertular Covid-19.

3. Selalu bawa hygiene kit​

Di era new normal nanti, hygiene kit bisa menjadi senjata dan wajib kamu bawa ke mana-mana. Isi dari hygiene kit bisa berupa hand sanitizer, disinfectan spray, tisu basah, tisu kering, sabun cair, hingga masker cadangan.

4. Membeli tiket dan checkin online

Jika kamu menggunakan transportasi umum, belilah tiket dan checkin secara online. Dengan cara ini kamu bisa mengurangi kontak fisik dengan orang lain.

5. Bawa makanan dan minuman sendiri

Usahakan selalu membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Kamu juga bisa membawa alat makan dan minum sendiri. Jangan lupa setelah makan dicuci bersih ya!

6. Bawa alat ibadah sendiri

Membawa alat ibadah seperti sajadah, sarung, atau mukena juga gak kalah penting. Kamu bisa memilih alat ibadah yang bahannya ringan dan mudah dilipat, supaya ringkas dan praktis.

7. Coba solo traveling atau staycation

Gak ada salahnya mencoba solo traveling atau staycation. Dua-duanya dapat mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Kamu bisa memilih staycation bersama pasangan atau keluarga inti di hotel atau vila favoritmu.

Solo traveling juga akan memberikan pengalaman tersendiri yang mengasyikkan buat kamu. Gak ada salahnya mencoba, apalagi kalau kamu masih muda.

8. Pilih menggunakan kendaraan pribadi

Menjauhi transportasi umum dan memilih menggunakan kendaraan pribadi bisa menjadi keputusan yang tepat di masa pandemi seperti saat ini.

Menggunakan kendaraan pribadi tentu akan mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Jika terpaksa menggunakan transportasi umum, usahakan untuk terus mengenakan masker dan berhati-hati saat menyentuh apa pun.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan selama liburan saat new normal nanti. Jangan lupa selalu pakai masker dan cuci tangan dengan sabun ya. Stay safe and healthy!

Mungkin kamu menyukai