8 Tips Nabung Cepat Buat Siapin Budget Liburan

  • Publish On 31/12/2019
8 Tips Nabung Cepat Buat Siapin Budget Liburan

  8 Tips Nabung Cepat Buat Siapin Budget Liburan 

(picture: irantourismnews.com)

Apa resolusimu di tahun 2020? Dan apa rencanamu di tahun 2020? Apa salah satu diantaranya adalaha berlibur ke tempat yang sudah lama klamu inginkan? Ke Bali? Ke lombok? Ke korea? Ke Jepang? Atau mungkin ke eropa?

Soal biaya, berlibur ke luar negeri membutuhkan biaya yang cukup besar. Jika Anda bijak dalam mengelola keuangan dan bisa menabung secara teratur, rencana liburan tentu bisa diwujudkan. Saat ini ada banyak situs online yang memudahkan Anda untuk bisa mendapatkan harga/paket liburan terbaik. Tentunya harga tersebut bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan.

Untuk memastikan rencana liburan terwujud nantinya, beberapa cara berikut ini bisa mengantarkan Anda berlibur ke negara pilihan dengan segera.

1. Tentukan tujuan yang akan kamu kunjungi dan riset tentang budget yang diperlukan

(picture: unsplash.com/Manuel Cosentino)

Rencana liburan kamu harus diawali dengan pemilihan negara tujuan liburan. Kemudian barulah kamu bisa menentukan anggaran liburan dengan tepat. Cari informasi sebanyak-banyaknya terkait dengan perjalanan liburan ke negara tujuan.

Dalam anggaran yang kamu buat, susun dan perkirakan kapan kamu bisa mencapai jumlah dana yang dibutuhkan untuk liburan nanti. Melakukannya sejak awal akan mempermudah kamu untuk mewujudkan liburan idaman kamu.

2.  Aturlah waktunya rencanakan serapi dan sedetail mungkin

(picture: www.intermed.com)

Rancang target liburan kamu sedetail mungkin. Rancang dengan apa ke sana, tur atau jalan sendiri. Pilih best time to visit. Misal tadi tujuannya Jepang, pilih musim sakura atau musim gugur. Karena musim sakura terlalu mepet, jadi pilih musim gugur saja sekaligus nyambung ke musim dingin. Bisa dapat dua musim tapi pengeluaran pesawat cukup sekali. Taruh impian kamu di HP, tembok di kamar sampai laptop yang buat bekerja setiap hari. Riset begini tidak bisa menghasilkan uang, tapi akan menghemat uang secara efektif kelak nanti di sana.

3. Komitmen menabung 10 – 30 % dari gaji kamu

(picture: www.shutterstock.com)

Komitmen juga sangat penting jia kamu oingin menabung dengan cepat, sisihkan uang gajimu perbulan sekiranya 10 – 30 % agar tabungan kamu cepat terkumpul.

4.  Kurangi kebiasaan ‘life style’ sepeti nongkrong dan ngopi

(picture: unsplash.com/RR Abrot)

Kurangi nongkrong dan ngopi di cafe atau di tempat-tempat hits lainya. memang bagi sebaian orang, hal tersebut sudah menjadi kebiasaan dan gaya hidup, tetapi hal tersebut secara sadar tidak sadar juga sangat boros, meski harga minuman tidak seberapa jika dilakukan sesering mungkiin akan sangat menguras biaya perharinya. Jadi lebih baik uang untuk nongkrong ditabungkan saja, meski tidak banyak namun jika dikumpulkan setiap hari juga akan terkumpul banyak.

5.  Kerja sampingan

(picture: unsplash.com/Brooke Lark)

Kerja sampingan diluar pekerjaan utama bisa jadi altenatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan, misalnya saja kamu bisa jadi reseller, mengelola online shop, atau pekerjaan yang dapat di lakukan dirumah lainya.

6.  Menjual barang yang tidak terpakai

(picture: unsplash.com/Bench Accou)

Kamubisa menjual barang-barang yang sudah tidak kamu pakai dan tentunya masih bagus, misalnya kamu memliki banyak baju, sepatu, atau barang lainya yang masih bagus namun sudah tidak terpakai, kamu bisa menjualnya dan hasilnya bisa kamu tabungkan.

7. Biasakan belanja hemat

(picture: unsplash.com/Makus Spiske)

Alokasikan sebagian anggaran belanja bulanan kamu untuk kebutuhan dana liburan, tapi dengan cara yang tepat. Bukan memotongnya secara langsung atau mengurangi jumlah konsumsi bulanan kamu. Sebab ini akan berbahaya dan bisa berdampak buruk.

Lakukan hal ini dengan bijak, yakni dengan cara melakukan kegiatan belanja bulanan yang cerdas. kamu bisa belanja hemat dengan mengandalkan diskon atau penawaran khusus dari toko/supermarket tertentu. Cari informasi tersebut melalui internet agar kamu bisa memenuhi semua kebutuhan bulanan dengan harga yang lebih hemat.

Biasanya supermarket akan menerbitkan katalog bulanan dan kmau bisa memanfaatkan ini. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa memanfaatkan kartu kredit Anda untuk mendapatkan diskon atau penawaran khusus dari kerja sama toko tertentu dengan bank penerbit kartu kamu.

8. Atur pengeluaran harian

(picture: unsplash.com/Michael Longmire)

Anda juga bisa mengatur pengeluaran harian Anda agar lebih efektif sehingga beberapa biaya bisa dipangkas untuk ditabung sebagai dana liburan Anda. Misalnya, Anda bisa berjalan kaki menuju halte bis yang tidak terlalu jauh dari kantor daripada menggunakan ojek yang tentu akan membutuhkan sejumlah biaya harian yang cukup besar. Kalau dikumpulkan dalam sebulan, pengeluaran ini juga jumlahnya cukup lumayan.

Nah, itu dia beberapa tips menabung jitu yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang. Kalau sudah terkumpul, kamu nggak perlu bingung lagi kan saat ingin traveling? Ingin traveling hemat ke Bali atau Lombok? Kamu bisa memilih berbaagai paket tour di bafageh.com dan dapatkan promo menarik dengan harga terjangkau.

 

 

 

 

 

 

 

Mungkin kamu menyukai